Jumat, 31 Agustus 2018

EXPLORE BALI : 4 Hari 3 Malam



PART 3

Sorry geng gue baru bisa lanjutin nulis nih karena lagi sibuk banyak project. Pada part ini gue kira merupakan gong dari hari-hari sebelumnya. Cuma bad news nya gue bangun kesiangan pada hari ketiga ini. Efek kecapekan kali ya. Untungnya cuaca juga mendukung untuk melakukan piknik. Langsung saja gue ceritain. Sebenarnya awal gue mau ke Desa Panglipuran tapi jaraknya jauh. Kalau dilihat dipeta sekitar 1,5 jam perjalanan dari hotel. Tapi memang satu jalur jika mengunjungi Desa Panglipuran. Maksud gue, setelah dari Panglipuran kalian bisa mampir ke Pasar Sukawati buat belanja oleh-oleh yang pastinya bisa ditawar trus mampir ke pantai sanur, habis itu ke Museum Bajra Sandi. Tapi apa daya gue kesiangan. Jam 10 (pakai an) baru bisa jalan. Akhirnya kita memutuskan untuk hanya mengunjungi Pantai Sanur, syukur-syukur masih ada waktu bisa berkunjung ke museum.

PANTAI SANUR

Perjalanan ke Pantai sanur juga lumayan jauh. Istilahnya nih hotel gue dari ujung barat Bali ke Pantai Sanur di ujung timur Bali. Pas di jalan habis ngisi bensin gue nyasar guys. Nyasarnya ke Museum Bajra Sandi. Hahhaaa kok bisa? Ya gatau namanya aja nyasar. Pas di situ ada sisa-sisa panggung nobar dengan bintang tamu Judika. Begonya gue sebagai sobat mizqyn ga datang waktu itu. Ya karena udah kecapekan pakai banget. Mau mampir banget sebenarnya. Tapi waktu terus mendorong, akhirnya mau gamau gue tetap meneruskan niat gue ke Pantai Sanur. Lumayan dekat kok dari museum. Pokoknya setelah ketemu KFC lurus aja dikit, di situ ada loket parkir, dah tinggal cari parkiran yang kira-kira buat kalian aman. Bayarnya Cuma Rp 2.000,- saja. Waktu gue sampai ombaknya udah gede buanget mau main air juga ga bakal bisa. Yaudah gue memutuskan untuk membeli makanan khas Sanur dahulu. Yoiiii ada makanan khas Sanur di sini, namanya Lumpia Sanur. Isinya? Ada bakwan, tahu, dan lumpia, serta dituangkan sambal kacang khas Sanur. Hmmm sepertinya gue bisa jual ini di Jawa, soalnya simpel banget. Harganya murah lagi, Cuma Rp 5.000,- lumayanlah buat sarapan. Namanya Pak Nyoman, sudah jualan lumpia sanur sejak 21 tahun yang lalu. Beliau asli dari Gianyar jadi kalau pergi ke Sanur selalu menumpang mobil dengan biaya 150K/ bulan (mungkin, karena beliau hanya menyebutkan angkanya). Intinya bisa jadi motivasi kita yang masih muda untuk tetap semangat bekerja. Di depan gue ada pendopo kecil gitu, kosong juga gaada orang. Ada satu buku di sana. Gue penasaran dong, gue samperin sama temen gue. Pas gue buka entah itu tulisan dalam bahasa apa. Gatau kenapa ombaknya itu sampai menghantam pendopo beberapa kali sampai gue sama temen naik ke atas pendopo dan ombaknya sampai di atas pendopo. Otomatis gue pegang tuh temen gue sembari merangkul. Panik guys. Berasa adegan ftv deh beneran. 
Haha sayangnya dia dah punya pasangan ya. Malah curhat -_-

Buat Sarapan :p


Nih harga karcis parkir, murah kan.


This is shit... Lumpia Sanur
Ini dulu bekas pelabuhan penyebrangan ke Nusa Penida

kalau pada mau ke Nusa Penida bisa lewat sini


Pas ombak sudah mereda gue balik ke daratan aman sambil keliling sekitaran pantai. Jadi di sini ada terminal kapal yang bisa menuju ke Nusa Penida guys. Kalau kalian berencana untuk liburan ke Nusa Penida bisa ke terminal kapal ini. Di sini juga disediakan paket wisatanya. Untuk harga mohon maaf gue belum sempat nengok. Mata para wanita harus dijaga kalau lewat daerah sini karena bakal berjajar dagangan khas pantai. Mulai dari pakaian sampai aksesoris yang Bali banget. Kalian juga kudu pinter-pinter nawar aja deh. Gue susurin tuh jalan pinggir pantai sampai ke ujung hotel apa gue lupa namanya. Trus ada jalan yang menuju pantai gitu, di tengahnya ada helipad. Kalau ada ombak gede berasa banget semburannya. Berasa banget di tengah laut. Seru deh pokoknya, kalian wajib banget ke sini kalau kalian berkunjung ke Pantai Sanur. Ada juga perahu yang tidak terpakai yang terparkir di bibir pantai bisa kalian manfaatkan untuk foto. Kurang lebih satu setengah jam di situ. Gue balik karena mengejar waktu untuk ke La Plancha waktu sorenya dan juga karena habis ini akan ke Joger jadi kalau mau belanja ga bisa namanya memprediksi waktu. Waktu perjalanan pulang gue mampir ke salah satu toko bangunan untuk membeli gembok kecil. Kenapa? Karena gembok koper gue dirusak setelah turun dari pesawat. Ini tips juga buat kalian. Padahal resletingnya sudah gue kunci gembok password dari koper tapi namanya di pesawat ya mesti barang-barang bakalan dilempar-lempar. Kalau kalian benar-benar mau aman ya di wrapping aja atau digembok.

Ini spot di Helipad

Ini hotel gue lupa namanya apa. Ada yang tau?
Spot Kapal yang gue maksud tapi, tapi sayang banyak sampah.


Joger

Sampailah di Joger Kuta. Perjalanan yang cukup rumit menurut gue karena kawasan kuta yang banyak gang-gang. Kalau kalian sobat mizqyn gue saranin belinya di toko oleh-oleh depan joger aja hahaa


Tapi kalau kalian mau yang khas banget Balinya yak di sini. Gue beli apa ya sampai lupa dijelasin pokoknya salah satunya tas mutifungsi harganya Rp 133.000,- Jadi tasnya bisa jadi handbag, waistbag, bag-bag yang lain. Worth it sih. Mau jelasin apa lagi ya tentang joger. Pokoknya udah tersohor bangetlah tempat ini. Buat kalian yang budgetnya tipis tapi mau belanja oleh-oleh yang tidak terlalu mahal bisa mampir ke depan jogger. Jadi di depan jogger itu ada toko oleh-oleh. Ada banyak, jadi kalian bisa lah pilih-pilih yang kiranya cocok yang mana. Gue aja udah beli di joger masih aja kurang jadi beli lagi di toko depan. Gue lupa namanya. Tapi harga lebih miring kok. Ga terasa waktu udah mau jam 4, karena gue ngejar sunset terakhir di Bali jadi buru-buru balik ke hotel buat drop barang dan mungkin cuci muka atau ganti baju untuk ke La Plancha. Pas jalan pulang beruntung banget ada yang jualan nasi jinggo cuma Rp 5.000 plus lauknya guys. Berasa oasenya sobat mizqyn. Kita pada beli tuh makanan luamayanlah nanti waktu ke La Plancha cuma ngemil doang.



abaikan muka gue yang pamer tas baru. padal ini salah jepret. wkwk

La Plancha

Setelah sampai hotel, gue langsung drop barang, cuci muka, dan ganti baju tanpa mandi. Ngejar sunset cuy. Perjalanan dari hotel ke La Plancha lumayan deket banget. Lamanya ya karena macet waktu jam pulang kerja. Dari hotel tinggal lurus aja ke arah kuta dan belok kanan. Dah sampai. Parkirnya? Bebas aja, di situ udah ada motor berjajar kok. Lalu apa yang kami lakukan? Tengak-tengok mau gimana ordernya, duduknya gimana, maklum pertama kali guys. Finally kita memutuskan untuk bertanya ke waiters yang udah standby di depan. Mbaknya tanya ke kita apakah sudah tahu aturan mainnya apa belum. Sebelumnya gue udah cari tahu dan baca referensi tentang La Plancha and kita suruh cari tempat. Pas cari tempat itu banyak yang udah dibooking. One more sorry ya bukannya gimana tapi gue ketika di sana dan cari tempat itu engga dibantu sama waitersnya, hanya ketika gue udah duduk baru dibilang kalau itu sudah dibooking. Tapi kalau customer asing langsung dicarikan tempat. Entah gue aja atau kalian juga merasa.setelah beberapa kali gue muter dapatlah tempat yang itu di depan dan paling pinggir jadi kena matahari langsung. Hmmmm blereng guys.  Disodorilah kita menu. Oh iya gue lupa, gue mau share rules kalau mau makan di La Plancha. Syaratnya mudah banget, jadi tiap customer harus membeli 1 makanan dan 1 minuman. Amannya kalian siapin uang seratus ribu saja tapi nanti ada kembaliannya kok. Gue bingung nih makanan apa yang mau gue order, secara semua nama makanan dalam bahasa asing. Bego banget kan gue. Cuma yang normalnya minum milkshake tapi itu terlalu mainstream man…. Akhirnya gue memutuskan untuk membeli Bir Bintang radler dan batatas. Yang lainnya bisa dilihat di menu bawah ini ya. Waktu gue panggil waitersnya malah guenya dikatain. “Beneran mau pesan batatas? Jauh-jauh ke Bali Cuma mau beli ubi rebus?” seketika tim gue semua ketawa. LOL! Kita baru tahu kalau batatas itu ubi. Tapi untung temen gue yang lain pesannya patatas. Kalau patatas itu kentang. Tapi gapapalah kita pesan batatas dan pitatas karena nanti bisa share makanan dan toh mungkin ubi di bali dan mahal itu rasanya beda hahaaa…. Bayarnya nanti guys waktu mau balik.

yukkkk ga La Plancha

fokus ke bikini merah euy...

enjoy the last sunset

uhhh blereng guys.

Tak berapa lama minuman kita datang, dan disusul makanan yang porsinya mengenyangkan. Jadi bener kan kita beli patatas 3 dan batatas 3 karena bakalan buat joinan. Karena udah datang, gue tinggalin buat mainan ombak yang saat sore itu ombak di Pantai Kuta sedang surut, dan ini benar-benar momentum yang bisa kalian manfaatkan buat ambil gambar. Mau goler-goleran juga boleh. Dari kejauhan kursi-kursi di La Plancha mulai bertambah banyak sampai di bibir pantai. Gue tetep nikmatin ombak yang kecil banget karena lagi surut dan karena ini last sunset. Karena udah benar-benar rame dan dari kejauhan ada banyak yang waiting list akhirnya gue balik ke tempat duduk yang tadi udah gue booking. Iya bener ada waiting list. Makanya mending kita kepanasan dulu di bawah matahari daripada kena waiting list.

ini total berenam ya guys...



Sorry, pamer.....


Gue review menunya dulu ya. Minumannya, gue pesen Bir Bintang Radler 330ML rasa lemon. Ini endues buanget gengs beneran. For the first time gue ngerasain ini dan ini zero alcohol jadi ga perlu takut mabuk. Tapi gue juga nyobain milkshake temen-temen gue dan rasanya ya B aja kayak biasanya. Nothing special sih. Lanjut ke makanannya. Gue cobain Pitatas dulu. Tampilannya kayak kentang biasanya di steak-steak pinggiran yang potongannya gede-gede tapi emang ini porsi besar sih. Buanyak banget deh emang bisa buat bertiga. Lanjut ke batatas, ini ubi porsi gede juga kayak pitatas tadi cuma menurut gue lebih enak. Rasanya kayak ubi cileumbu gitu. Due lihat samping gue pasangan bule-bule yang order bitatas juga dan gue lihat ekspresi mukanya aneh pas makan tapi menikmati wkwk pasrah gitu yang penting enak. Halah apaan sih. Jadi karena semua joinan maka bayarnya harga total dibagi berenam deh, totalnya perorang Rp 94.000,- Tuh bener kan kalau bawa uang seratus masih ada kembalian. Oiya di sini juga full music, jadi line area itu ada sisi-sisi yang ada speakernya. Pokoknya tempat ini rekomen buanget kalau mau menghabiskan waktu terakhir di Bali. You must to try it! Gue lupa kalau ada pesenan temen gue yang pesen oleh-oleh buat kecantikan kulit. FYI gue saat itu buka jastip, lumayanlah ya liburan tapi ngehasilin duit juga. Jadi, gue memutuskan ke Krisna Oleh-oleh. Udah tau lah ya toko ini. Gue pilih Krisna yang dekat dengan La Plancha. Sekitar 10 menit lah kalau dari La Plancha.

Krisna Oleh-Oleh

Ada tragedi dimana gue sama temen gue, 2 orang, kepisah. Setelah keluar dari kawasan Kuta temen gue tertutup mobil sampai akhirnya dia terpisah dari rombongan. Eh dia malah nyasar di Krisna yang lain. Yaudah yang penting masih ke sesama Krisna. Pas masuk eh gue menang undian buat foto bareng di studio di Krisna. Fotonya nanti bakal pakai baju khas Bali. Wah gue lucky banget ya. Tapi sayangnya gue Cuma dapet satu foro yang diprint padal udah shoot beberapa foto, kalau mau minta soft filenya harus bayar berapa gitu gue lupa. Lanjut gue beburu barang-barang jastip. Di sini juga lumayan lengkap dan ada beberapa item yang Cuma ada di sini.mau beli baju barong? Juga ada. Pokoknya lengkap dan terjangkau deh. Lalu gue beli apa? Udah ga beli Cuma beli item jastip, udah banyak barang gue padal koper masih sisa ruangan. Bodo amat yang penting hati senang pikiran tenang. Tips juga buat kalian kalau belanja jaga dompet apalagi kalau backpacker. Berasa bentr ya kalau belanja tapi kalau udah lihat jam hmmm udah wating time banyak banget. Gue di situ sampai mau tutup toko wkwk…. Akhirnya gue balik hotel, makan, mandi. Makan? Iya makan batatas dan pitatas yang ga habis tadi gue bungkus masukin kulkas. Mubazir dan sobat mizqyn beda tipis ya cuy.
Gue baru inget ini last night di Bali, ga afdol kalau ga habisin waktu dengan dunia malamnya Bali. Sebelumnya gue udah baca beberapa thread di twitter tentang tempat asyik habisin malam di Bali. Setelah gue sortir dan ketemulah… MOTEL MEXICOLA. Hmmm penasaran kan?






Ini sebenernya gue ga boleh motret, karena pakai hengpong jadul jadi ga ketahuan deh. maap yeee
Noh hasilnya, abaikan kuku ya.Iitu bukan kuku gue. Asli!!!

MOTEL MEXICOLA

Gue brangkat dari hotel sekitar jam 10.30 dan jalanan masih ramai tapi lancer. Jalannya mudah banget, tinggal lewat sunset road deh. Mentok, belok kiri dan ikutin aja jalannya. Pas gue lewat depannya emang anjirrrr rame buanget sape mau parkir aja muterin 2x. Gue akhirnya parkir di ujung depan toko orang hahaa bodo amat, tokonya mau tutup juga dan banyak yangt parkir situ. FYI di sini gaada tukang parkir ya, yang ada hanya bodyguard yang lumayan banyak yang menunggu di depan. Waktu mau masuk gue bingung nih sistemnya kayak gimana. Eh ada orang mau masuk yausa gue ikutin aja. Di depan kita check body sama tas juga kalau dah lolos kita bisa masuk dan tempatnya asyik buanget  beneran. Kiat bisa langsung beradaptasi sama sekitar,mikut gabung-gabung aja sama bule-bule. Mau beli minum juga antrinya panjang. Sebenernya nih, kalian ga beli minum pun juga gapapa tapi kalau udah dancing kan bawaannya haus. Gue dan tim, berempat, beli 3 bir aja, maklum yang satu eyang buyut jadi ga baik minum bir hahaha… Harga bir di sini agak sedikit mahal dari tempat biasanya. Kalian juga maklum dong ya orang namanya juga di bar. Satu orang dengan order bir bintang satu botol dikenai Rp 45.000,- pakai an lah. Tapi worth it dengan suasana yang ditawarkan. kita bebas mau dance dimana. Memang ada venue yang khusus buat dancing tapi karena pengunjungnya membludak ya mana aja di pakai. Orang-orang pada naik meja, kursi buat dance. Ya emang gitu sih di sini pokoknya have fun aja. Kalau di lantai 2 itu emang khusus buat makan. Kalau kalian datang ke sini pas siang hari kalian bisa menikmati suasananya, foto di setiap spotnya. Karena setiap spot di sini emang instagramable banget. Mexiconya kerasa banget. Pas siang juga bisa bawa anak-anak pokoknya familyable kalau sebelum malam. Pas malamnya ya gitu jiwa muda banget. Kalian ga perlu malu, sungkan kalau mau dancing. Banyak bule nanti yang tiba-tiba di samping kita lalu ikut dancing. Para waiternya juga gamau kalah, mereka juga ikut dancing. Ada moment juga dimana nanti salah satu dancer Mexicola melakukan atraksi. Dia akan mengajak satu pengunjung wanita untuk menjadi tumbal tarian eksotisnya. Entah itu cewek ataupun cowok. Jangan kaget, nikmatin aja. Wkwk FYI juga musik dari DJnya mudah dicerna I mean musik-musik viral yang sering kita dengar jadi ga susah kalau mau dancing. Katanya sih musik yang diplay sama mulu. Jeleknya gitu, tapi gatau yak an gue baru pertama. Pas gue dancing  ga nyadar gue sebelahan sama artis Trans 7, siapa ya? Pokoknya ada deh dia sama pacarnya. Dari kejauhan gue juga lihat anak artis yang berambut kribo tapi mama papanya cerai. Siapa coba tebak? Temen gue dancing malah dapat kenalan dong. Durian runtuh. Makanya di sini kalian bisa apa aja semau kalian. Intinya engga bakal menyesal. FYI! untuk kalian yang minum jangan geletakin sembarangan minumnya karena pasti langsung diambli sama waitersnya entah itu masih atau engga. Kejadian sama kek temen gue yang baru minum 5 tegukan, ditaruh di meja, dia ngedance, pas mau diambil lagi udah diambil waitersnya wkwkk



Itu penampakan sekilas dai dalam ya guys. Mexico buanget kan?



Itu Spot Foto yang sebenarnya bagus diambil saat siang hari sih

Hayo apakah kalian melihat ada anak artis di sana? Yang pastinya bukan yang berbandana, itu gue -_-

Sekitar jam 00.30 musik volume musik DJ udah mulai dikecilin dan beberapa kursi dan meja juga sudah dilipat oleh para waiters. Satu-persatu orang juga sudah mulai keluar arena dance. Its time for poto-poto guy. Meskipun lantai atas sudah di tutup tapi tiap sudut ruangan masih bisa dipakai untuk foto namun tak lama sih karena sudah mau tutup. Cuma gue gatau pastinya tutup jam berapa. Gue nongkrong bentaran di area outdoor dan bergegas balik hotel mengingat gue belum packing. What??? Gue belum packinggggg…. Tancap gas balik hotel, eh di jalan ada yang jualan nasi jingo. Lumayanlah menu sahur yang harganya cuma Rp 5.000,-  plus lauk. Sampailah gue di hotel, sambil packing sambil makan. Hahaaa…

ini totalnya ya guys untuk 3 bir


Okay guys jadi itu keseruan gue di hari ketiga yang merupakan hari terbaik selama gue di Bali.kalau ada infomrasi yang salah atau melenceng tolong komen di bawah ya guys biar cepat gue revisi. So sorry juga kalau ada yang kurang berkenan dengan tulisan gue karena ini pure opini gue sih ya. Semoga kita bisa menjadi lebih baik dengan adanya kritik dan saran dari orang lain. Tungguin final part gue ya, yang bakal gue kasih TOTAL PRICE gue selama di Bali, biar bisa jadi estimasi kalian kalau mau piknik ala sobat mizqyn. Sekian. See you….



0 komentar:

Posting Komentar