Minggu, 22 Juli 2018

EXPLORE BALI : 4 Hari 3 Malam

PART 2


Hay hay hay……

Balik lagi ama gue di hari kedua di Bali. Hari ini, 15 Juli 2018, hawanya sangat-sangat dingin. Semalem gue tidur tanpa AC karena udaranya sangat dingin. Lantai di kamar hotel saja ketika diinjak terasa banget dinginnya, sedingin sifatmu saat chat diriku. Uluh uluh….

Nih jam 6 pagi dari depan kamar gue. itu yang lampu di crane  adalah proyeknya Trans Studio.


GBI ROCK

Pagi ini gue bangun pagi banget, jam 6 WITA, saat matahari belum terbit gue udah bangun. Gue buka jendela ternyata, HUJAN. Pantesan dari semalam udara dingin. Tapi gue emang rencana bangun pagi karena gue harus ke gereja. Waktu di Solo gue udah cari tahu info ke gereja terdekat dengan hotel. Gereja terdekat dengan Kiki Residence yakni GBI Rock. Gereja ini masih satu keluarga ama yang JPCC. Cuma jalan kaki ga sampai 5 menit. Entah itu jalan atau buru-buru biar pakaian ga basah. Kenapa gue ga pakai payung? Karena ternyata FO hotel ga punya payung. Hmmm gapapa deh kapan lagi hujan-hujanan di Bali. Oh gue lupa, gue order motor buat dianter jam 8 pagi, jadi dihandle temen yang stay di hotel. Pada part sebelumnya gue belum kasih tau ya kalau waktu kita order motor ada dokumen yang harus di kirim? Yaps, kita harus kirim KTP sama SIM ke jasa sewa motor. Semua serba simple. Gue sempet bingung nyari bangunan gereja yang mana, soalnya gaada papan penunjuk. Emang di Gmaps benar sih di situ tempatnya. Maka dari itu mulut digunakan saat itu untuk bertanya hahaa…. Tempatnya ternyata di Rock Convention Centre (seiinget gue sih, cmiiw). Awal masuk gue kepagian ternyata, jam 7 udah di situ. Mulainya jam 7.30. Orang-orangnya ramaaaaah buanget. Mereka tahu kalo gue pendatang baru di GBI Rock. Gerejanya nyaman sih, di lantai 2 jadi bisingnya jalanan ga bakal kedengeran. Kalau kalian ngajak temen bule juga bisa karena di sini ada English servicenya. Jam 9 kelar ibadah, turun ke bawah, banyak yang jualan. Waaaa surge bagi perut yang lapar karena belum sarapan. Tapi gue pengin banget namanya Nasi Jenggo. Banyak yang jual di pinggir jalan antara gereja ke hotel. Eh depan gereja juga ada yang jual nasi jenggo tapi gue kehabisan. Ga putus semangat, gue masih mencari sambil hujan-hujanan. Sanati ga bakal kehabisan karena ada banyak yang jual kok. Jadi, nasi jenggo itu kek nasi kucingnya orang Jawa. Bedanya, di dalem bungkusnya ada mie dan dagingnya beda-beda. Ada isian ayam, ikan laut, atau pun sapi. Harga Cuma Rp 5.000,-  dengan gorengan harga Rp 1.000,- . Bentuknya kerucut. Sudah sangat kenyaaaaaaang karena porsinya lebih banyak dari nasi kutjing.

di dinding arah pintu masuk main hall gereja.

main hall GBI Rock

Nih jualannya banyak

Nih  jualannya lagi porsi gede


Udah mulai jam 10 dan hujan masih belum reda. Ubah rencana. Actually, hari kedua ini rencana gue mau ke Tanjung Benoa, Nusa Penida, Water Blow, Pandawa, Uluwatu. Tapi mungkin kandas karena cuaca yang tidak terduga. 10.15, hujan masih rintik-rintik. Kita nekat aja karena ada mantel batman di dalem motor rentalan.Wkwkwk motor rentalan, iyalah daripada elu cintanya dirental. Apaan sih… Lanjut, gue langsung meluncur ke Tanjung Benoa. Jalan lumayan ramai karena weekend. Khususnya arah ke bandara. FYI, bandara sedang ada tahap pembangunan underpass buat akses cepat ke bandara jadi bikin macet (saaat itu) sekitaran kawasan itu. Akses ke Tanjung Benoa ada 2. Lewat told an jalan biasa. Kalau mau ngerasain naik motor lewat jalan di tengah-tengah laut ya lewat tol. Tapi saat ini jika mau masuk tol harus pakai e-toll  bisa di beli di minimart atau jika sudah punya e-toll  langsung gas aja. Seru juga ya sebenernya naik motor di jalan tengah-tengah laut, tapi saying gue ga mau ribet jadi gue lewat jalur biasa aja. Jalannya juga ga susah-susah amat. Ada hal menarik ketika gue hamper sampai ke Tanjung Benoa. Gue ngelewatin jalan yang kanan kirinya itu hutan bakau dan langsung bawahnya air laut. Jalannya mulus, anginnya sepoi-sepoi, gue jadi ingin tiduran di jalanan kek anak-anak Jakarta pas lebaran.


TANJUNG BENOA

Pas di jalan gue juga rada kerasa aneh soalnya ada mas-mas eh bli-bli yang ngeliatin gue dari atas sampe akhir. Sambil jalan gue sambil doa. Rumah gue jauh soalnya. Tuh benerrr…. Pas memasuki kawasan Tanjung Benoa tuh orang mepetin gue sambil nyodorin kertas bergambar salah satu resort dan menjual produknya kalau gue ke resort itu nanti gratis foto-foto tapi kalau mau water sport bayar. Sedihnya ida juga bilang “saya bukan bekal, saya Cuma nawarin resort karena resort saya sepi.” Gimana ya, its my first time ada orang marketing nawarin produknya kek begal gitu. Maaf beribu maaf ya bukannya gue benci gue jijik (ala-ala Afifah “Orang Ketiga”) tapi menurut gue malah nyeremin kalau tekniknya gitu. Kalau pikiran kotor gue, nytar gue mau terus digiring ke “resort”nya ternyata tempat sepi dan dibegal. Maaf ya ini opini gue aja. Gue nolak bilangnya “maaf Bli saya sudah ditunggu teman di resort Tanjung Benoa sana.” Yaudah deh Bli nya tadi pergi ke arah balik. Huh…. Aman deh gue? Engga, itu belum berakhir, belum! Pas udah di kawasan gue juga dilihatin dan dibuntutin bapak-bapak tinggi gede gitu. Sampai gue kenceng ngegasnya biar dia ketinggalan, trus gue belok-belokin gang. Ternyata pad di gang yang gue belokin ada upacara adat, dan diteriakin pecalang buat balik arah.
Eh si bapak nyamper: “Udah ikut saya aja, di sini lagi banyak upacara,  biar saya antarkan. Percaya saya, saya disuruh pihak sini untuk mengantarkan turis.”
Gue nyahut: “Tapi Pak, saya udah ditunggu teman.”
Si Bapak pinter aja nyari celah: “Temannya di mana? Sini saya antarkan, ikut saya dulu”
Karena gue bohong, ketahuan deh. Gue ngikut aja si Bapak. Berhentilah di salah satu resort. Gue digiring masuk, ketemu sama marketing rsort itu. Kita duduk dan dijelaskan tentang produk yang mereka jual yakni water sport. Gue bilang baik-baik kalau tujuan gue di tanjung benoa hanya menikmati  pantai saja tidak ingin water sport dan sebagainya. Marketingnya memakluminya dan menjelaskan juga kalau bapak-bapak tadi adalah marketing lapangan mereka. Lega lah gue, tadi udah keringet dingin mau dibawa kemana akhirnya tahu jawabannya. Si mas-mas marketingnya juga kasih info kalau Tanjung Benoa ini sudah resort-resort jadi khusus buat water sport tapi kalau mau main ke pantai bisa ke Nusa Penida. Akhirnya gue ke luar Tanjung Benoa dan memutuskan untuk ke Nusa Penida. Padahal rencananya kalau ke Tanjung Benoa mau ke Pulau Penyu. Setelah kejadian itu gue ga ngelanjutin niat ke Pulau Penyu deh. Jarak dari Tanjung Benoa ke Nusa Penida lumayan deket sih (bagi gue).

NUSA DUA

Nusa Dua ini macam kompleks perumahan ya. Tertata gitu tempatnya, banyak hotel dan resort yang sudah perkompleks. Kita tinggal pilih saja mau kemana, pas waktu itu gue parkir deket sama Nusa Dua Surf. Parkir dimana saja bisa sih nanti tinggal kita jalan. Terus masuk ke lorong itu sampai ketemu pantai deh tapi sayangnya juga saat itu bibir pantai sedang di renovasi. Di sepanjang bibir pantai itu banyak pilihan beach club. Kalo ke kiri nanti akan ke pulau hutan yang dihubungkan jalan semacam jembatan gitu. Kalau ke kanan nanti ke arah nusa penida yang lain. Sebenarnya kalau ke sini sore enak, bisa buat jogging. Gue memutuskan untuk ke kanan dulu. Setelah jalan-jalan beberapa menit gue lihat ada tulisan NUSA DUA LIGHT FESTIVAL. Lucky me, ternyata pas di sana ada light festivalnya Nusa Dua.  Unfortunely gue ke situ pas siang bolong. Good newsnya sih gue ga bayar karena kalau datang pas malam harus bayar. Bagi gue amazing banget sih ini tempat. Kapan lagi ketemu light festival kek ginian. Itu pukul 12.00 WITA jadi bisa kalian bayangin gimana “blureng-blureng”nya gue. Saran gue sih bawa paying kalau ga mau kepanasan tapi kalau mau sun bathing gapapa. Banyak kok bule-bule yang telanjang dada pas ke sini wkwkwk 

ini lorong yang gue bilang, foto pake DSLR.


ini foto pake Hp. Buluk!



salah satu spot Light Fest.

ini belakangnya ada patung iconis, sebenarnya ini stage sih gue pake spot foto haha....
ini nih privat beach yang ada mirip Tanah Lot
ini lokasi yang buat PW

tuh kan dibilang PW


sini aku gandeng dek.
ini salah satu beach club, namanya Agenda'z. gue cuma mampir foto doang haha...

lepas pantai
Jangan buta arah ya apalagi buta cinta.





WATER BLOW NUSA DUA

Di lokasi light festival itu ada dua patung yang dijadikan background stage, nah gue telusurin tuh jalan ke bawahnya. Gue nemu satu gapura tulisannya WATER BLOW. Ini nih sesuai rencana gue kalau hari itu harus ke water blow. FYI, waterblow itu jadi spot saat ombak besar menabrak batu-batuan sehingga menimbulkan efek semacam air mancur alami tapi dengan kekuatan yang besar. Ada jarak minimal yang bisa dipijak oleh pengunjung. Kalau ada tanda spot jangan nekat masuk. Seperti kejadian yang gue alami. Ada sepasang suami istri yang nekat lewat tanda itu. Sebenarnya, yang nekat si istri si Cuma ya namanya suami pasti ngikutin kata istri. Untung gue ga ikut-ikutan mereka. Dari jauh ada bapak-bapak teriak-teriak bahasa Bali intinya yang gue tangkap sih beliau marah banget sama secouple ini. Kalau bapak ga ngingetin yang rugi ya secouple ini. Malah bisa gue jadiin bahan hengpong jadul kalau mereka kenapa-napa kena water blow wkwkwk jahat ya gue. Kalau kalian mau dapet moment pas airnya nyembur ya siap-siap aja luangin waktu agak lama untuk pose. Situasi ini berasa gue dari desa yang gaada kereta trus dibawa ke kota dan lihat kereta. Hahaa….. Ga percaya? Buktiin deh. Pasti kalian heboh sendiri. Ini tontonan gratis ya.
Lanjut jalan, ada satu arah yang itu ke pantai tersembunyi yang di sebelahnya ada karang yang atasnya ada pura nya. Semacam di tanah lot. Tapi hati-hati ya kalau mau berenang. Emang sih ombaknya ga gede, itu godaan banget. Tapi hati-hati kalau tergoda kalian bisa terlena. Gue nengok bentar.
Lanjut jalan lagi, nah ini nih. Favorit banget. Bibir pantai yang lebar, pantai yang tenang. Mau main air? Bisa, Foto-foto? Bisa. Sun bathing? Bisa. Cari kenalan di tinder? Bisa bisa bisa. Kalian bisa ngapain aja deh di sini. Intinya ini tempat keren banget. Paling penting kalian bakal lupa waktu karena PW.
Jam 3an, gue pulang. Pas di pintu keluar ternyata dimintain bayaran parkir. Hanya Rp 3.000,- saja. Murah bangeeet untuk berwisata di kawasan seperti itu. Sebelum balik hotel gue melipir di Pie Susu Dhian menurut beberapa orang sih ini pie susu yang paling enak di antara yang lain. Tapi pas gue ke sana cuma ada rasa yang original. Tapi kalian ga perlu khawatir kalau mau cari makanan yang lain, karena di Pie susu Dhian ini juga ada oleh-oleh khas Bali yang lain. Harganya juga pas di kantong. Boleh deh dicoba sendiri atau sebagai oleh-oleh.
Balik hotel. Pas di jalan gue lupa kalau gue belum makan. Deket hotel ada makanan khas bali namanya Ayam Sambal Tempong. Di kiri jalan. Tapi gue pesen yang sayur aja, namanya tipat cantok Harganya? Murah aja Cuma Rp 10.000,-  dan esteh Rp 5.000,-

nih gue lucky banget daper shoot water blow.




Balik, mandi, istirahat

Ini nih namanya tipat cantok

Ternyata di Bali ada Nasi Goreng KFC wkwkw


BEACHWALK BALI

Setelah siap, jam 19.00 WITA gue meluncur ke Beachwalk. Dimana sih ini tempat? Di daerah Kuta. Hotel tempat gue stay ini dekat dengan Pantai Kuta jadi kalau mau ke pantai tinggal mlipir masuk-masuk ke gang aja. Kalau malem emang rada macet ya  ini tempat. Mungkin itu faktor Gmpas tidak berjalan ketika gue melewati sebuah jalan. Sapai akhirnya gue lewat di jalanan samping kuta. Berasa hidup banget kawasan ini karena ramenya dan gemerlapnya bangunan. Di sisi kiri jalan banyak tempat parkir yang bisa digunakan untuk memarkirkan motor kalian. Konon mall ini adalah mall hits di Bali. Gue ngerasanya kok mirip sama Paris Van Jawa(PVJ) nya Bandung. Kenapa? Karena mall ini berbasis lingkungan jadi semacam mall outdoor dan di atapnya banyak pepohonan, di lantai paling atas juga terdapat taman. Mungkin kalau masih ada matahari kelihatan pantainya kali ya. Soalnya gue dating ke san pas malam. Brand-brand terkenal juga ada di sini semua. So, jaga dompet biar ga kalap pas belinya. Khususnya di centre of mall ada toko candy yang pastinya bakal bikin cewek-cewek tertarik buat beli. Untuk harga ya bedalah ya sama mall menengah ke bawah. Ini udah mall semacam Grand Indonesia. Akibat perbincangan gue dengan salah satu owner toko di Beachwalk gue jadi tau mungkin ini mall yang bukanya paling lama karena tutupnya jam 12 malam. Wow…. Jadi kalian yang mau ngemall malem pake banget ga perlu ketakutan untuk berbelanja ke mall ini karna keburu tutup. Setelah gue muter-muter ini mall gue keluar dan di luar masih sangat rame. Ada banyak café maupun resto di sepanjang jalan itu. Dulu pas gue ke sini lagi ada event Final Piala Dunia jadi banyak café-café yang bikin nobar. Dari ujung ke ujung semua rame. Malah gue berasa di Malioboro Jogja cuma di sini lebih international taste. Gue jalan dari ujung ke ujung sampai hamper jam 12 malam dan perut lapar. It’s a problem bagi sobat mizqyn yang berada di situesyen cafe-cafe borjuis. And it’s a wrap! Ada ibu-ibu penjual nasi jenggo di tengah hiruk pihukya kehidupan malam di kuta. Seperti menemukan oase di tengah padang sahara. Gue borong tuh ama geng gue. Gue lupa nama ibu asal Banyuwangi. Jualannya di deket circle K, ga jauh dari Beachwalk. Cuma nasinya emang rada naik harganya. Rp 7.000,- untuk satu porsi nasi Jenggo dan Rp 1.000,- untuk gorengan. Mineral water gue beli di circle K Rp 5.000,- Sudah beli makan terus bingung mau makan dimana. Gengsi juga sih makan nasi bungius di tengah kaum sosyialita. Tapi kalau malu ya laper wkwkwk kita memutuskan untuk masuk ke Pantai Kuta. Gelap? Banget hahaha….. Kok bisa masuk jam segitu? Iya kata bapak parkir kalau Pantai Kuta tutup sampai tengah malam kalau udah mau tutup nanti ada pengumumannya pake speaker. Ada note juga kalau mau main ke Kuta pas malam hari. yakni jaga barang-barang kalian. Di sana (kata Bapak) emang gaada jambret atau begal tapi kalau kita lengah barang kita bisa hilang. Hampir jam satu, gue balik hotel buat lihat piala dunia. Tapi sayang di sayang channel Trans Tv atau Trans 7 gaada, baiklah untung ada wifi buat streaming lancar.





candy land!!!

ini di taman atas mall
jembatan hits di Beachwalk
biar kek anak hits

biar kek anak hitz yang foto di sini



Itu dia part 2 cerita gue tentang explore Bali. Bakal gue update lagi part 3 nya. Ditunggu deh pokoknya secepatnya bakal di update. Maaf kalau ada informasi yang kurang tepat, bisa diralat dengan komen di bawah. Jangan lupa juga buat teman-teman share blog saya ya. Thank you❤☺….

0 komentar:

Posting Komentar