Senin, 05 Maret 2018

Program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) 2018 Provinsi Jawa Tengah #1 SELEKSI

Saya akan menceritakan bagaimana proses seleksi Program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda atau disingkat PKKP. Program ini dibentuk oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah. Dahulu awalnya bernama Sarjana Penggerak Pedesaan. Tahun 2015 menjadi PKKP. Informasi lebih lanjut tentang PKKP bisa dilihat di link berikut

Saya melihat informasi tentang rekruitmen ini dari media sosial, Instagram lebih tepatnya. Sebenarnya posisi saya sudah bekerja di salah satu English course terkenal di Solo. Tapi karena passion saya bekerja di lapangan dan melayani masyarakat maka saya memberanikan diri untuk apply lowongan ini. Calon peserta PKKP harus mendaftarkan diri dahulu ke website di atas. Jumlah peserta juga dibatasi yakni 1400 orang. Durasi pendaftaran hanya kurang lebih 5 hari. Itupun juga sudah termasuk pengiriman berkasnya. Bayangkan dengan waktu sesingkat itu kita harus berpacu dengan waktu dan aktivitas lain. Drama ini, lupakan.
Beruntungnya saya, ketika mendaftar di hari pertama dan malam hari sehingga website tidak error. Hari Jumat, saya langsung bergegas mengumpulkan berkas sebagai syarat apply  PKKP, khususnya ke kelurahan. Berkasnya apa saja? Bisa dilihat di tautan atas tadi ya. setelah semua terkumpul, Jumat sore saya langsung kirim ke Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Pariwisata Klaten. Saya kirim via pos karna saya masih bekerja jadi tidak memungkinkan untuk ke Klaten. Sambil harap-harap cemas saya menunggu pengumuman tanggal 6 Februari atau sekitar seminggu setelah penutupan pendaftaran dan pengiriman berkas. Hari Senin jam 16.00 saya mendapatkan SMS dari panitia PKKP wilayah Klaten jika salah satu berkas saya salah. Berkas yang diminta harusnya Surat Keterangan Belum Menikah dari Lurah bukan Surat Pernyataan dan dikumpulkan besok sebelum jam 12 siang. Karena waktu sudah mepet dengan jam tutup kelurahan, saya memutuskan mencarinya esok hari. Keesokan harinya, jam 7.00, kelurahan belum buka, saya ketok pintu rumah dinas Pak Lurah. Maaf ini kurang sopan, tapi Pak Lurah memahami keadaannya. Thank you so much Pak. Setelah dapat yang saya butuhkan langsung saya lari ke kantor pos. Maksudnya naik motor.7.30 langsung saya masukkan amplop coklat berisi berkas susulan untuk langsung dikirim ke Klaten jam sebelum jam 12 siang. 
Beberapa hari setelahnya, setibanya saya di rumah setelah pulang kantor. Saya melihat amplop coklat dengan  tulisan "DITOLAK" dimana saya tidak asing dengan amplop itu. Ternyata benar berkas saya ditolak PKKP. Otomatis saya melupakanmu wahai PKKP karena kau telah mempupuskan harapanku. Haiyah wafer...
Tapi, rencana Tuhan begitu ajib, eh ajaib, eh sama aja deh intinya Tuhan baik. Salah seorang teman kuliah saya memberi kabar bahwa saya lolos seleksi administrasi dan wajib mengikuti test tertulis dan interview di Pusdiklat BKK Semarang. Saya belum yakin saat itu, lah berkas aja dikembalikan masak iya lolos. Setelah dicek, ya benar lolos. Kurang lebih ada waktu seminggu untuk belajar materi test tulis. Kalo interview? Otodidak aja deh. Materi test tulis juga sudah dibocorkan oleh websitenya sendiri. Loh kok bisa? Iya karna ini ga masuk mata pelajaran. Materinya UU No. 40 tahun 2009, kemudian visi misi PKKP, dan teori PRA. 
Pada test tertulis dan intervie dibagi menjadi 3 gelombang, 1 gelombang per hari. 1 gelombang diikuti 350 orang dari beberapa kabupaten. Soal tertulis ada 30 soal dengan durasi 45 menit. Gampang? 
Setelah test tertulis dilanjutkan interview yang dibagi menjadi 10 kelompok dengan 1/2 orang interviewer. Pengalaman saya sih ditanyain tentang keaktifan kita di organisasi dan jiwa wirausaha kita. Kemudian apa yang akan dilakukan setelah penerjunan nantinya. Interviewnya kurang lebih 5 menit. Rasanya?

Pasrah....

Beberapa hari kemudian saya tak menyangka hasilnya saya lolos, jadi dari 1400 orang dengan hasil final 200 orang. Semua peserta yang lolos diwajibkan mengikuti pelatihan selama 3 hari di Semarang. Lalu apa yang saya dan tim kerjakan setelah penerjunan? Tunggu di blog saya selanjutnya...🙌🙋

2 komentar:

  1. Pengalamannya apa kak setelah ikut jadi anggota pkkp?

    BalasHapus
  2. Bisa kasih contoh soal tesnya seperti apa kak ?

    BalasHapus